Adsense

Cara Paling Mudah Membuat Privacy Policy di Blog

Update Terbaru:

Cara Membuat Privacy Policy di Blog atau Website – Privacy Policy adalah file atau dokumen yang memberikan informasi tentang kepastian hukum, informasi tentang admin yang bisa dihubungi secara langsung. Privacy Policy ini biasa digunakan untuk blog atau website periklanan seperti Google Adsense, Amazon, ClikBank dll.

Privacy Policy dalam blog merupakan hal yang wajib dicantumkan dalam navigasi untuk memberikan kepastian tentang isi konten, juga informasi kepada pihak terkait jika ada konten yang melanggar hukum atau yang lainnya. dan untuk pendaftaran Google Adsense,  Privacy Policy merupakan hal yang terpenting untuk dicantumkan pada navigasi agar di approve pihak Google Adsense.

Lalu bagaimana cara membuat privacy policy untuk blog adsense? Nah, cara membuat privacy policy sebenarnya cukup mudah hanya beberapa klik privacy policy bisa langsung jadi, namun jika anda ingin membuat privacy policy sendiri secara manual juga boleh saja, namun jika belum begitu mengenal apa saja yang harus dicantumkan dalam privacy policy, sebaiknya menggunakan tool generator pembuat privacy policy secara otomatis.

Sebelum anda membuat privacy policy di blog, sebaiknya anda membuat contact form terlebih dahulu sebagai informasi kepada pengunjung untuk menghubungi admin blog. yang nantinya dicantumkan dalam dokumen Privacy Policy Blog atau website.

Baca: Cara Mudah Membuat Contact Form di Blog (Contact Us)

Update terbaru: 16 April 2020

Cara Membuat Privacy Policy di Blog untuk Daftar Adsense

Berikut cara membuat privacy policy buat blog anda, ikuti langkah-langkahnya sampai selesai dan langsung pasang pada blog anda.

  1. Silahkan kunjungi situs penyedia tool privacy policy gratis berikut https://www.privacypolicyonline.com/privacy-policy-generator/
  2. Isi form nama dan URL blog/website lalu klik Next.privacy policy blog
  3. Isi kolom sebagai berikut: Do you use cookies? Yes, Do you show ads through Google AdSense? Yes, Do you show advertising from third parties (except Google)? No (jika ada iklan selain Google Adsense pilih Yes), Country (Indonesia), State (silahkan pilih provinsi anda). lalu tekan Next.privacy policy blog adsense
  4. Silahkan isi alamat email anda. Lalu pilih tombol Create Privacy Policyprivacy policy blog dan website adsense
  5. Selesai lalu ambil code dengan tekan tombol Copy to clipboardmembuat privact policy di blog
  6. Selanjutnya bisa anda pasang di laman blog.

Cara Membuat Privacy Policy Bahasa Indonesia

Privacy policy yang sudah dibuat seperti tutorial diatas adalah secara otomatis menggunakan bahasa Inggris, jadi jika anda ingin menggunakan bahasa Indonesia ikuti tutorial berikut:

  1. Silahkan buka halaman privacy policy di blog Pena Indigo atau langsung buka halaman ini: https://penaindigo.com/kebijakan-privasi/ lalu copy semua kata-kata yang tersedia.
  2. Kemudian paste pada halaman static blog anda, jangan lupa ganti url http://penaindigo.com/degan url blog anda.
  3. Jangan lupa ganti link kontak pada informasi kontak yang terletak pada paragraf paling terakhir.

Cara Pasang Privacy Policy di Blogger

  1. Masuk pada Dasboard akun blog anda, pilih menu Laman lalu pilih Laman Baru.
  2. Silahkan beri judul Privacy Policy
  3. Pada mode Compose rubah menjadi HTML, lalu paste script yang sudah anda copy tadi.Cara Pasang Privacy Policy di Blog
  4. Terakhir Publikasikan dan lihat hasilnya di blog anda.

Cara Memasang Privacy Policy di WordPress

  1. Pilih page/laman >> Add Newmemasang privacy policy di blog wordpress
  2. Isi judul dengan Privacy Policy, Masukkan kode yg anda copy tadi pada mode Text, terakhir publikasikan/publish.memasang privacy policy di wordpress
  3. Selesai

Jika sudah memasang privacy policy di blog, selanjutnya anda bisa memasang Disclaimer di blog, sebagai salah satu persyaratan Google Adsense.

Baca: Cara Mudah Membuat Halaman Disclaimer di Blog

Selesai, Demikian penjelasan tentang Cara Membuat Privacy Policy di Blog untuk daftar iklan Google Adsense dan yang lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

11 Comments

    1. Sama aja gan, Google Adsense tidak mempermasalahkan masalah bahasa. Kelebihannya bahasa Indonesia jika kebanyakan visitor dari Indonesia maka akan mudah dalam memahami privacy policy yang sudah dipasang pada blognya Mas Indra.

  1. Kalo dari blogspot dan sudah ke domain TLD, apakah mesti ubah/buat baru lagi disclaimer, privacy, link label, dll ? ngaruh gak ya dengan review ulang ads nya?

    Help Mastah2

    1. Betul, harus buat privacy policy dengan url yang baru. Untuk program adsense yang baru setiap penambahan domain pasti direview terlebih dahulu. Saya kemarin ganti domain dan ternyata tidak diterima oleh google ads.

  2. klo menurut agan, bagusan pke blogspot atau .com untuk adsense? atau gak ada terlalu pengaruh? karena klo di blogspot aja udah cukup untuk adsense saya pgn blogspot aja gt biar ga bayar biaya lg utk domain.

    1. Kalau menurut saya pribadi lebih baik pakai domain karena selain nama lebi unik juga membangun bran. Terus jika pakai domain nanti jadi akun non hosted, kalau mau migrasi ke wordpress juga gak takut kehilangan traffic. Domain murah kok hanya 150an ribu, jika ingin serius blogging ya setidaknya dimodalin biar tambah semangat dan berkembang dengan target minimal untuk bayar domain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close