Bisnis

Cara Jualan Online Mulai dari Nol sampai Sukses

Update Terbaru, 30 Maret 2021

Bisnis online di era digital dinilai sangat tepat untuk kemajuan bisnis Anda, pasalnya sekarang konsumen Indonesia sudah mulai membelanjakan kebutuhan sehari-hari melalui toko online. Lalu bagaimana mengambil peluang bisnis online agar cepat sukses? mari kita ulas bersama.

Apakah Anda termasuk masih bingung mulai dari mana jualan online tanpa harus memiliki toko? karena jualan online itu sangat mudah dan tidak membutuhkan modal terlalu banyak jika dibandingkan dengan toko offline yang diwajibkan untuk membangun toko atau sewa ruko.

Jualan online sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, ibu rumah tangga karena masih bisa mengurus anak-anak atau memang ingin dijadikan penghasilan utama. Itu semua tergantung dengan kebutuhan dan keadaan.

Berikut langkah-langkah memulai bisnis online dari nol sampai sukses yang harus Anda simak secara lengkap:

1. Tentukan Produk yang Ingin di Jual

Langkah pertama adalah tentukan produk yang ingin anda jual, yang perlu diperhatikan adalah kemudahan untuk mendapatkan produk tersebut. Bisa memanfaatkan produk unggulan yang ada di wilayah kita masing-masing.

Sebagai contok Jepara adalah wilayah penghasil mebel, maka kita bisa menentukan target untuk jualan furniture Jepara karena stok yang melimpah.

Atau lokasi anda wilayah konveksi hijab bisa juga memulai untuk jualan hijab, jika terdapat produk pembuatan kain tenun bisa jualan kain tenun, kalau produksi makanan kita bisa jual makanan. Itu cara paling mudah untuk menentukan produk yang ingin dijual.

Bagaimana kalau kita ingin jual produk sendiri, contoh sudah punya toko hp, toko komputer, toko pakaian dll. Kita langsung fokus saja pada produk yang kita miliki.

2. Mulai Mencari Stok dan Harga Termurah

Ketika sudah menentukan produk yang ingin dijual, maka selanjutnya mencari stok, pengrajin atau tempat produksi. Kalau ingin jualan produk dari produsen lain seperti gadget anda harus mencari tempat stok harga termurah agar nanti bisa bersaing dengan kompetitor.

Saya pribadi lebih suka kerjasama dengan pengrajin atau toko-toko besar untuk mendapatkan harga termurah, dan jangan segan untuk bertanya secara detail juga minta bimbingannya. Ini bertujuan untuk memudahan kita dalam mendapatkan stok juga harga yang kompetitif.

Ingat mencari harga murah bukan berarti murahan, tetap utamakan kualitas untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Sehingga nantinya toko yang kita bangun bisa semakin besar dan berkembang.

3. Riset Kompetitor

Bagaimana cara mengetahui harga yang dipasaran? caranya sangat mudah, yaitu dengan akses marketplace seperti tokopedia, shopee, buka lapak dll. Disana ada banyak harga yang ditawarkan dengan produk yang sama. Walaupun harga yang ingin anda jual tidak paling murah setidaknya mengimbangi harga yang sudah ada sehingga nanti memudahkan dalam promosi.

Jika sudah cek kompetitor maka rasa optimis akan muncul untuk mengembangkan toko online lebih maju, dan selalu mencari produk-produk unggulan untuk bersaing.

4. Membuat Toko Online

sukses jualan online

Langkah selanjutnya jika produk dan persiapan lainnya sudah ditentukan, waktunya membuat toko online sesuai target pasar.

Berikut beberapa marketplace / toko online yang bisa anda coba:

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Lazada
  • Buka Lapak
  • Facebook Marketplace
  • Instagram
  • Website
  • dll

Menurut admin mana yang paling mudah dan cepat? yang pertama adalah marketplace tokopedia, shopee, lazada dan buka lapak. Disana anda bisa membuat toko dan langsung jualan secara gratis. Sangat mudah menjangkau pembeli karena marketplace tersebut banyak melakukan promo dan sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia dengan keunggulan belanja aman tanpa takut tertipu.

Marketplace tersebut diatas sangat direkomendasikan untuk target menengah keatas, karena rata-rata orang yang beli sudah berpengalaman dan memiliki penghasilan lumayan untuk hobi belanja online. Pastikan stok banyak juga mudah karena kapan saja anda bisa kebanjiran order.

Yang kedua adalah facebook marketplace menurut saya pribadi targetnya adalah menengah kebawah dengan target lokal saja. Sangat cocok buat anda yang suka COD dan target lokal saja. Namun juga efektif jika produk yang kita jual sangat dibutuhkan masyarakat sekitar seperti makanan dan barang bekas.

Untuk instagram dan website ini adalah target menengah ke atas dengan target penjualan yang tepat. Harga masih bagus dan ini sangat cocok buat anda yang punya brand sendiri.

5. Kuatkan Niat

Ini yang paling penting, tidak ada hasil yang instan. Jika anda ingin sukses maka harus bekerja keras dan cerdas, tidak mudah menyerah dan harus memunculkan jiwa wirausaha yang selalu semangat tanpa mengenal lelah.

Jika ada masalah tenang dulu, lalu mencari solusi dan mentor yang tepat sehingga jiwa kita tetap kuat dan selalu semangat. Cobaan dalam bisnis sudah pasti ada mulai dari stok barang, harga bersaing dan kehabisan modal. Semua harus dijalani dengan senang dan ikhlas untuk mendapatkan hasil yang dicita-citakan.

Jangan terlalu cepat menyimpulkan usaha yang dijalani, semua butuh proses dan jangan mudah terkecoh dengan keberhasilan orang lain yang membuat kita sering menyerah.

Selalu tanamkan dalam diri kita BISA, BISA, BISA…. PASTI ADA JALAN……. SAYA PASTI SUKSES….

6. Evaluasi dan Inovasi

Ini adalah tahap menuju kesuksesan, jika semua di atas sudah dilaksanakan maka selanjutnya evaluasi dan inovasi. Jangan merasa puas jika penjualan sudah banyak juga jangan terlalu bersedih jika penjualan tidak sesuai yang diharapkan.

Selalu buat target untuk diri sendiri, sebagai contoh bulan maret terjual 30 pcs maka bulan april harus lebih dari 30 pcs. Selalu cari inovasi untuk meningkatkan penjualan di toko karena kompetitor juga selalu berinovasi dan memiliki target penjualan yang tinggi.

Jika penjualan yang tidak sesuai kita coba evaluasi apa yang salah dengan toko yang dikelola, mulai dari harga, penjelasan dalam deskripsi juga harus jelas dan menarik, lihat apa yang beda dengan toko lainnya dan amati toko-toko yang penjualannya laris.

Setelah dievaluasi maka yang harus dikerjakan adalah inovasi dengan cara banyak belajar di internet atau orang yang sudah pengalaman juga inovasi itu datang dari kita sendiri dengan melihat evaluasi yang sudah dilaksanakan.

7. Belajar dari Pengalaman

Selalu belajar dari pengalaman jangan sampai terulang lagi, guru yang terbaik adalah pengalaman karena bukan sekedar teori yang belum tentu benar. Dari pengalaman tersebut kita akan memiliki rahasia-rahasia penjualan, simpan rapat-rapat dan selalu berinovasi.

Jadikan pengalaman baik untuk meningkatkan penjualan, jadikan pengalaman buruk untuk berbenah diri untuk lebih baik lagi.

8. Mulai Berbenah dan Sukses

Biasanya yang sering dikeluhkan adalah modal yang besar seiring dengan penjualan yang besar juga. Mulai disiplin dalam keuangan jangan dicampur antara modal dan laba untuk mengurangi modal yang terus berkurang.

Cari partner kerja untuk memudahkan penambahan modal, sekarang juga pemerintah memberikan bantuan modal usaha lewat KUR dengan mudal super ringan. Namun jangan terjebak dengan modal, gunakan pinjaman tersebut hanya untuk modal usaha bukan konsumtif kebutuhan sehari-hari dan tanamkan dalam diri bahwa kita mendapatkan bantuan, sehingga harus menjaga amanah tersebut dengan baik.

Mulai menambah stok, menambah karyawan, menambah toko, menambah fasilitas kerja dll. Semua terus berjalan dan harus dikerjakan dengan baik.

9. Jangan Lupa Berdoa

Setelah usaha sudah dilaksanakan jangan lupa berdoa kepada tuhan, karena kita hanya makhluk yang tidak memiliki kekuatan apa-apa. Selalu berdoa untuk dimudahkan usahanya dan diringankan cobaannya. Memohon selalu mendapatkan partnet kerja yang baik dan dijauhkan orang-orang jahat.

Kita hanya bisa berusaha, tuhan yang menentukan hasilnya.

Sekian tips dan cara memulai jualan online mulai dari nol sampai sukses. Diatas tentu materi secara umum, untuk detail cara daftar marketplace tips dan trik marketing juga harus dipelajari dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan.

Jika ada yang ditanyakan atau ingin diskusi silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button