Cara Ngeprint di Microsoft Word Secara Lengkap

Cara print halaman microsoft word – Microsft word adalah program pengetikan yang sangat populer, hampir semua orang yang membuat dokument seperti makalah, skripsi, buku, proposal, artikel, dll selalu menggunakan microsoft word baik versi terbaru seperti ms. word 2010, 2013, 2016 atau versi lama yaitu microsoft word 2007 .

Dalam penyimpanan file dokumen di microsoft word terbagi menjadi 2 yaitu soft copy dan hard copy,  soft copy adalah penyimpanan pada harddisk atau flashdisk, sedangkan hard copy adalah dengan cara di print out pada kertas. Dengan melakukan print out maka membuka dokument akan lebih mudah tanpa harus membuka microsoft word dan sebagai salinan jika soft copy rusak atau hilang.

Untuk ngeprint di microsoft word bukanlah hal yang sulit, namun jika anda tidak pernah melakukan print out maka hal ini akan terasa sulit dan membingungkan. Perlu anda ketahui jika ngeprint halaman asal-asalan dan tidak melakukan pengaturan pada printer terlebih dahulu maka hasil print out bisa terpotong, hasilnya tidak sama seperti pada tampilan komputer.

Baca juga: Format Penulisan Makalah (Kertas, Font, Spasi dan Margin)

Oleh karena itu maka harus diperhatikan cara print dokumen microsoft word dengan baik dan benar agar hasilnya benar-benar sesuai yang diinginkan, karena hasilnya akan fatal jika digunakan untuk print makalah atau skripsi yang sudah ditentukan ukuran kertas dan margin.

Cara Mencetak atau Print Out Dokumen di Ms Word

Tips ngeprint halaman kerja microsoft word kali ini saya sajikan secara lengkap, mulai dari versi microsoft office 2007, 2010, 2013 dan 2016. Jadi anda bisa menyesuaikan sesuai dengan versi office yang digunakan.

Ada yang perlu diperhatikan sebelum proses print dokumen di ms word, antara lain:

  1. Mengetahui ukuran dan jenis kertas (Baca: Perbedaan Ukuran Kertas F4/Folio, A4, A3, Legal, Letter dan Kuarto)
  2. Setting ukuran kertas dan margin (Baca: Cara Mengatur Ukuran Kertas dan Margin di Microsoft Word)

Jika sudah mengerti kertas yang digunakan untuk ngeprint, selanjutnya tinggal praktek tutorial dibawah ini.

Cara Mencetak atau Print Halaman Ms. Word 2010, 2013 dan 2016

  • Silahkan buka dokument microsoft word yang ingin di print.
  • Pilih menu File >> lalu pilih Print (atau lebih cepat menggunakan tombol Ctrl+P)print mencetak halaman microsoft word

Keterangan Gambar:

  1. Copies: adalah jumlah yang di print tiap halaman, contoh print dokument makalah rangkap 3 jadi pada halaman copies diisi 3.
  2. Printer: pilih printer yang digunakan dan pastikan dengan keterangan Ready.
  3. Setting halaman yang di print: ada 3 pilihan untuk print halaman yaitu print all pages (semua halaman), print current page (halaman yang dipilih) dan print custom range (halaman yang dipilih, bisa lebih dari 1 contoh: print page 1, 5, 7 dan 15).ngeprint halaman microsoft word
  4. Kertas dan margin: secara otomatis mengikuti pengaturan halaman jadi tidak perlu diubah, kecuali jika menggunakan custom size seperti print menggunakan kertas F4 silahkan baca tutorialnya Cara Print Kertas F4 Agar Halaman Tidak Terpotong

Jika pengaturan sudah selesai semua tinggal klik tombol print dan tunggu proses cetak sampai selesai.

Cara Ngeprint di Microsoft Word 2007

  • Silahkan buka dokument microsoft word yang ingin di print
  • Kemudian masuk halaman print dengan cara tekan tombol CTRL+P atau tekan office button >> lalu pilih print
  • Maka akan terbuka jendela print, silahkan melakukan pengaturan sesuai yang diinginkan, terakhir klik tombol OK untuk memulai proses print.cara print di microsoft word

Keterangan Pengetauran Print:

  1. Printer name: silahkan pilih printer yang digunakan dan pastikan ada centang hijau artinya ready
  2. Page range: all artinya semua halaman, current page (halaman yang dipilih saja) dan Pages (memilih page mana yang akan di print).
  3. Copies: jumlah print out
  4. Properties: untuk mengatur kertas seperti custom size dan pengaturan lainnya (seperti pada tutorial diatas).
  5. Tombol OK: untuk memulai proses print out.

Tips agar printer tidak cepat rusak

Jika dokument yang ingin dicetak memiliki banyak halaman, usahakan mencetak sedikit-sedikit saja maksimal 20 lembar dalam sekali cetak yaitu dengan mengatur print custom range/page range misalkan page 1-20, print out kedua page 20-40 dan seterusnya.

Bagaimana mudah bukan? sekarang sudah bisa mencetak halaman microsoft word sesuai dengan keperluan. Semoga dapat bermanfaat, jika masih belum jelas silahkan ditanyakan.

Selamat mencoba.

Leave a Reply