cara print kertas f4 agar tidak terpotong

Cara Print Kertas F4 Agar Halaman Tidak Terpotong

Permasalah yang sering terjadi disaat print kertas F4 atau Folio adalah hasil halaman terpotong sehingga ada beberapa paragraf atau kalimat yang hilang. Selain mengatur kertas F4 pada halaman Ms Word atau Exel, maka Anda juga harus setting printer dengan ukuran kertas F4.

Seperti yang diketahui untuk ukuran F4 tidak tercantum pada daftar kertas, sehingga mengharuskan untuk melakukan pengaturan kertas terlebih dahulu (custom) agar tampilan dan hasil print sesuai yang diinginkan. Ini sebenarnnya yang banyak tidak diketahui disaat print dengan ukuran kertas F4.

Pada tutorial kali ini saya akan jelaskan secara detail cara mengatur ukuran kertas f4 pada printer anda mulai dari merek canon, epson, hp, dll. Apapun printer anda, semua pengaturan sebenarnya sama karena yang membedakan adalah tamoilannya saja. Pastikan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Cara Setting Print Kertas Ukuran F4 Agar Tidak Terpotong

Tutorial kali ini saya menggunakan printer kanon tipe iP2770, untuk printer yang lainnya silahkan sesuaikan letaknya.

  1. Setting terlebih dahulu halaman di Ms Word atau Exel, jika belum bisa silahkan simak tutorialnya Baca: Cara Mengatur Ukuran Kertas Folio/HVS/F4 di Ms Word
  2. Untuk melakukan print silahkan tekan Ctrl+P pada keyboard komputer atau laptop, lalu pilih Properties.
    cara setting rint kertas f4 agar tidak terpotong
    Tampilan Office 2010, 2013 dan 2016

    cara setting rint kertas f4 agar tidak terpotong 1
    Tampilan di Office 2007
  3. Selanjutnya pada ukuran kertas pencetak (printer paper size), pilih serasikan (custom).cara print kertas f4 agar tidak terpotong
  4. Maka akan muncul dialog, pada unit pilih mm kemudian pada paper size untuk width: 215 dan height: 330.cara print kertas f4 agar halaman tidak terpotong
  5. Untuk memulai print silahkan klik OK.

Cara diatas bisa digunakan untuk program yang menghasilkan print out, seperti Microsoft Word, Exel, CorelDraw, Photoshop, File PDF, Dll. Jadi anda bisa menyesuaikan dengan program yang digunakan.

Kesimpulan:
Selain setting kertas pada halaman kerja microsoft word, anda harus mengatur kertas pada printer agar hasil di Ms. Word sama dengan hasil cetak.

Demikian tutorial cara print kertas F4 agar tidak terpotong, semoga dapat bermanfaat dan jika masih ada kendala silahkan didiskusikan melalui kolom komentar.

Mas Zain

"Belajar menulis, menulis untuk belajar"

5 comments

    • Sama-sama Mas, kalau lupa setting kertas F4 bisa lihat di halaman ini lagi. Jangan lupa share di media sosial agar diketahui orang banyak.

  • Semua langkah sudah dilakukan, tapi print out filenya tetap terpotong. Setelah disetting, biasanya ada muncul message: “out of printable area”. Bagaimana solusinya? Printer EPSON L360, Word 2010.

    • Jika settingan antara halaman kerja dengan pengaturan printer sudah sama maka hasilnya tidak akan terpotong. Jadi pengaturan kertas coba disamakan dulu antara ukuran kertas halaman kerja dan pengaturan printernya.