KomputerTips and Tricks

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Update Terbaru:

Laptop merupakan pilihan tepat jika anda ingin mengerjakan tugas atau bermain game tanpa ribet harus terhubung dengan instalasi listrik secara langsung karena sangat simpel bisa dibawa kemana saja. Namun ada beberapa hal penting yang harus diketahui agar laptop tidak cepat rusak dan selalu awet.

Seperti yang diketahui bersama harga sebuah laptop sekarang ini cukup mahal dan biaya service juga mahal, maka perlu perawatan yang baik agar laptop awet dan berumur lama seperti laptop yang saya miliki. Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman pribadi setelah menggunakan laptop selama 5 tahun dan tidak mengalami kerusakan hardware sedikitpun.

Kalau kerusakan software itu sudah hal wajar karena banyak faktor diantaranya virus, sehingga saya sudah beberapa kali instal ulang windows untuk menjaga performa laptop dalam keadaan sehat sehingga enak digunakan dalam keadaan normal. Anda juga bisa melakukan instal ulang sendiri dengan cara membuat bootable windows dengan flashdisk setelah itu perhatikan aplikasi wajib terinstal setelah instal ulang sehingga laptop tetap bisa digunakan seperti biasanya.

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Sudah hal yang wajar jika semua barang elektronik akan rusak karena hardware juga memiliki ketahanan yang berdeda-beda, namun jika kita merawat dengan baik maka usia laptop akan panjang dan tetap awet walaupun digunakan setiap hari.

Nah, disinilah kita akan mengetahui pentingnya menjaga perawatan laptop agar tetap normal dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Perhatikan tips berikut agar laptop tetap awet.

1. Jangan Terlalu Lama Menggunakan Laptop

Jika penggunaan laptop terlalu lama maka akan mengakibatkan suhu panas dan baterai harus tetap dichas maka ini akan cepat merusak komponen laptop. sebaiknya penggunaan secara wajar dengan durasi waktu maksimal 4 jam, walaupun lebur boleh saja namun asal tidak terlalu sering.

2. Tidak Memainkan Game Berat

Terlalu sering bermain game yang berat maka akan memacu laptop bekerja dengan maksimal sehingga komponen laptop akan cepat rusak terlebih baterai akan cepat habis dan bahkan bisa rusak, namun jika laptop kamu memang didesain untuk game maka sebaiknya tambahkan pendingin saja agar suhu tetap setabil. Kurang lebih memiliki prosesor yang mumpuni, RAM yang tinggi, VGA yang mumpuni dan memiliki harddisk yang longgar.

Untuk mengetahui spesifikasi laptop kamu silahkan baca : Cara Cek Spesifikasi Laptop atau Komputer Lengkap

3. Jangan Menutup Layar Setelah Digunakan Lama

Ini akan mengakibatkan layar laptop cepat rusak karena laptop yang digunakan terlalu lama sudah pasti memiliki suhu yang panas sehingga akan berdampak pada kualitas layar laptop. Sebaiknya tunggu laptop dingin baru ditutup agar layar tetap awet.

4. Menggunakan Laptop diatas Kasur

merawat laptop agar awet

Bermain laptop diatas kasur memang terasa nyaman bisa rebahan sambil mengerjakan tugas atau bermain game, namun jika laptop tepat diatas kasur atau bantal akan mengakibatkan sirkulasi udara terhambat sehingga memicu suhu yang terlalu panas. Lebih baik letakkan diatas benda keras seperti meja kayu atau papan plastik, lebih baik lagi jika diletakkan pada meja pendingin laptop.

5. Jauhkan dari Anak-anak

Jika ingin laptop awet maka jauhkanlah dari anak kecil karena sangat rentan rusak disebabkan benturan, tumpahan cairan atau dipukul-pukul. Pastikan menyimpan laptop ditempat yang aman dan selalu awasi anak kecil agar laptop tidak dibuat mainan.

Anak saya sendiri sering ikut-ikutan mengetik sambil bawa minuman, dan terkadang gemes ingin pegang-pegang layar dan memukul-mukulnya. Maka lebih baik jauhkan laptop dari anak kecil disekitar anda.

6. Jangan Meletakkan Benda Berat diatas Laptop

Selalu biasakan menaruh laptop dipaling atas ini bertujuan agar layar laptop tidak rusak, bisa saja dengan beban yang berat layar bisa pecah retak atau komponen lainnya juga bisa mengalami kerusakan. Dan biasakan menaruh ditempat aman untuk menghindari laptop jatuh ke lantai yang mengakibatkan kerusakan fatal.

7. Menaruh Minuman dan Makanan dekat Laptop

cara agar komputer awet

Mungkin ini sudah menjadi kebiasaan setiap hari menggunakan laptop sambil nyemil atau minum, ini sangat berbahaya jika minuman nanti akan mengakibatkan kerusakan seluruh komponen bahkan bisa mati total jika air sudah masuk kedalam laptop. Adapun sisa makanan yang menempel di keyboard akan mengakibatkan kerusakan karena kotoran-kotoran yang ditinggalkan akan mengganggu kinerja keyboard.

Maka sebaiknya jauhkan makanan dan minuman dari laptop untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

8. Mengunduh Software Sembarangan

Penyebaran virus melalui internet terjadi kapan saja dengan munculnya iklan popunder sehingga secara tidak sengaja akan terinstal dan merusak sistem laptop. Dan ini sering terjadi pada situs-situs yang menyediakan software ilegal, maka sebaiknya untuh software atau aplikasi pada situs resmi dan terpercaya aman dari virus dan malware.

Seperti virus terkenal yaitu Ramsomeware yang dapat mengubah ekstensi file sehingga rusak tidak bisa digunakan seperti merusak microsoft word, exel, point atau file corel draw. Virus ini sering menyebar melalui jaringan internet maka sebaiknya anda harus lebih berhati-hati dan menggunakan internet dengan baik.

9. Jauhkan Laptop dari Debu dan Bersihkan Secara Rutin

Debu merupakan musuh utama laptop, karena jika masuk pada kipas prosesor dan sirkulasi udara maka sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik sehingga laptop cepat panas, jika RAM yang banyak demu maka akan mengakibatkan komputer eror, jika masuk pada keyboard maka kemungkinan akan merusak tombol keyboard.

Usakan selalu bersihkan laptop dan hindari debu, jika memungkinkan laptop diservice total mulai dari instal ulang dan membersihkan seluruh hardware agar laptop tetap terjaga dengan baik.

10. Jangan Biarkan Laptop MAti Terlalu Lama

Saya sering menjumpai laptop yang mengalamai kerusakan keyboard bahkan sampai mati total akibat laptop tidak pernah digunakan, karena jika laptop mati terlalu lama maka komponen dapat lembab dan dapat memicu kerusakan komponen.

Keyboard terlalu lama tidak tersentuh biasanya macet dan mudah rusak, tidak semuanya namun beberapa tombol akan mengalami kerusakan sehingga akan mengganggu kinerja laptop.

Baca juga: Cara Mematikan Laptop atau Komputer dengan Keyboard

11. Selalu Perhatikan Suhu Laptop

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari suhu laptop terlalu panas diantaranya; jangan menggunakan laptop terlalu lama, hindari ruang yang panas, jauhkan dari sinar matahari, jangan meletakkan laptop diatas bahan empuk seperti kasur, busa, bantal, dll yang mengakibatkan sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik.

Gunakan meja pendingin yang dilengkapi dengan kipas sehingga suhu laptop akan terjaga dengan baik dan yang terakhir gunakan laptop sewajarnya sehingga hardware bisa istirahat. Jika laptop dipacu tanpa istirahat bisa mengakbatkan overheat yang mengakibatkan kerusakan pada motherboard, harddisk, RAM, dll.

Baca juga: Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer atau Laptop

Bagaimana mudah bukan merawat laptop agar tetap awet, dengan cara diatas laptop yang saya gunakan bisa bertahan sampai 5 tahun lebih tanpa pernah mengganti hardware sedikitpun.

Yang terpenting selalu perhatikan kondisi hardware dan software bisa dilakukan sendiri atau dibawa ke tempat service agar lebih aman sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang lebih parah.

Sekian tips laptop kali ini, jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke media sosial agar diketahui orang banyak dan ikut belajar di blog ini. Terima kasih.

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close